Masalah terbesar sepak bola indonesia

ImageTanpa banyak pihak yang sadar, ternyata sektor kepelatihan merupakan permasalahan terbesar di sepak bola Indonesia. Hal ini diungkapkan Direktur Pengembangan Usia Muda PSSI, Timo Scheunemann.

Menurut Timo, meski saat ini banyak pelatih di Indonesia, pelatih yang benar-benar bagus bisa dihitung dengan jari. Hal ini sebagai akibat dari salah jalannya sistem sertifikasi kepelatihan.

“Kepelatihan adalah masalah terbesar kita. Kita kekurangan pelatih yang bagus. Bahkan, di level profesional, kita kekurangan pelatih yang memiliki metode kepelatihan yang benar,” ujar Timo.

Masalah di kepelatihan ini tak lepas dari metode sertifikasi kepelatihan. Banyak kursus kepelatihan yang memberi sertifikat kepelatihan pada para pesertanya.

“Padahal, Indonesia bukan termasuk negara yang bisa secara mandiri mengeluarkan sertifikat kepelatihan,” tambahnya. “Hal inilah yang menimbulkan masalah di kemudian hari, termasuk secara legal.”

Sebagai solusi dari masalah ini, Timo mengusulkan agar sertifikasi kepelatihan terpusat di satu pintu. Tak semua pihak bisa melaksanakan kursus dan sertifikasi kepelatihan. “Dengan metode ini, kita bisa menyaring input sampai output peserta. Akhirnya, yang terbaiklah yang terpilih,” sambung Timo. (den/mac)

created by bola.net

By ryangoblog

3 comments on “Masalah terbesar sepak bola indonesia

Leave a comment